Saturday, March 7, 2009

TEKNIK NEGOSIASI

Negosiasi adalah informasi dan kekuatan untuk mempengaruhi sikap orang lain dalam suatu jaringan ketegangan. Teknik Negosiasi adalah sutau keterampilan dan upaya yang dilakukan untuk memperoleh izin dan acceptabilitas dari orang lain dimana dari proses tersebut ada sesuatu yang diharapkan. Faktor keberhasilan negosiasi adalah : kekuatan (bargaining power); waktu; dan informasi. Seseorang yang memiliki bargaining power, dapat mengatur waktu (time management); dan memilki informasi yang lebih biasanya akan berhasil dalam negosiasi.


Pelatihan Teknik Negosiasi biasanya memperkenalkan teknik yang mendalam dan pemecahan masalah masalah yang seringkali timbul dalam bernegosiasi dan berkomunikasi yang mengakibatkan terjadinya miskomunikasi. Hal ini merupakan penghambat terbesar dalam pencapaian sasaran organisasi. Komunikasi merupakan alat utama dalam dalam melakukan negosiasi. Tanpa sadar sebenarnya kita sudah melakukan proses negosiasi disetiap banyak kesempatan; menawarkan jasa atau produk dari perusahaan kita; minta ijin pulang lebih depat dalam jam kerja; menawae harga barang yang akan dibeli; minta kenaikan gaji; dll.

Negosiasi adalah cara yang paling baik dan diakui secara umum untuk menyelesaikan adanya perbedaan keinginan yang mungkin timbul antara kita dengan orang lain; yang apabila tidak terselesaikan akan terjadi konflik.

Materi yang dibahas dalam Pelatihan Teknik negosiasi biasanya adalah sbb :
1. Persiapan Negosiasi.
2. Proses dan Teknik Negosiasi.
3. Menyusun Sasaran / Objektif.
4. Kesalahan kesalahan umum.
5. Menganalisa lawan.
6. Menentukan Acuan.
7. Negosiasi International.
8. Body Language.
9. Teknik Berkomuniukasi.
10. Win win Solution.
dan lai lain.

Lembaga Pelatihan yang pernah memilki paket Pelatihan Teknik Negosiasi adalah :
TMIP (Total Mega Inovatif Progress)
021-8098645. Jakarta 13510.

3 comments:

Anonymous said...

Artikel yang luar biasa, akan saya save ke lokal hard drive saya untuk rujukan di kemudian hari...

Anonymous said...

klo ada materi dalam bentuk soft copy berupa power point atau pdf tentu lebih mudah dipelajari, sediakan dong download link nya biar tambah gres
(sokwae)

Didik Eka Surya said...

Tks atas masukannya Pak,,itu yg belum bisa saya lakukan, maklum baru bisa bikin blog..Nanti saya minta tolong ke pak Ari aja ya