Sunday, July 15, 2007

Asam Urat dengan kedelai ??

Apa akibatnya jika setiap hari selalu mengkonsumsi susu kedelai hasil buatan sendiri (alat khusus untuk membuat susu kedelai langsung siap diminum)?, Apakah bisa menyebabkan kadar asam urat pada darah akan meningkat?

Penyakit asam urat sering dikaitkan dengan penyakit rematik. Padahal asam urat adalah suatu keadaan hiperuricemia, di mana kalau dalam pemeriksaan darah akan didapatkan kadar >7 mg/dL untuk pria dan >6 mg/dL untuk wanita.
Penyakit yang didiagnosis sebagai penyakit rematik termasuk rheumatoid arthritis (RA), sindroma lupus eritematosus (SLE), osteoarthritis (OA), gout, pseudo gout, dan lain-lain. Bahkan sampai ke penyakit yang menimpa pada jari para perokok, yaitu penyakit Buerger (thromboangiitis obliterans)
Hiperuricemia pun berbeda dengan Hiperuremia. Pada keadaan hiperuremia di mana ureum-nya tinggi, terjadi pada orang dengan gagal ginjal. Hiperuicemia atau kadar asam urat tinggi biasanya akibat makanan yang mengandung banyak purin.
Contoh makanan dari hewan yang kaya dengan purin adalah jeroan termasuk ati dan otak, sardines, herring, dan mackerel. Sedangkan yang dari tumbuh-tumbuhan adalah asparagus, spinach, mushrooms, green peas, lentils, dried peas, beans, oatmeal, wheat bran dan wheat germ, tapi itu semua tidak begitu tinggi kadar purinnya dibanding dengan yang dari hewan tadi.
Tidak ada batasan gelas untuk susu kedelai, karena tubuh kita sendiri memproduksi asam urat, untuk metabolisme tubuh. Yang perlu dikhawatirkan bila hobi dengan makanan daging-dagingan seperti yang disebut di atas. Mungkin lebih baik menjadi vegetarian.

No comments: