Pelatihan adalah serangkaian proses manajemen (pdca; plan, do, check, dan action) dengan urutan sbb : A (Analisa); D (Desain); I (Implementasi); E (Evalausi); dan A (Administrasi). Analisa adalah proses kegiatan untuk menentukan kebutuhan pelatihan bagi suatu obyek komunitas tertentu (calon peserta pelatihan), secara umu proses ini disebut Analisa Kebutuhan Pelatihan (TNA,Training Need Analysis). Ada beberapa metoda yang digunakan untuk melakukan TNA; a.l. : TNA berbasis Kompetensi; TNA berbasis Task; TNA berbasis Kenerja; dll.
Desain adalah proses penetapan program pelatihan yang disesuaikan dengan hasil proses analisa; antara lain adalah menetapkan : tujuan umum, tujuan khusus, silabus & kurikulum, materi pelatihan, metoda instruksional, instruktur. Implementasi adalah proses penyelenggaraan pelatihan sesuai dengan hasil desain program. Evaluasi adalah proses pengawasan kesesuainan antara desain program dengan penyelenggaraan, sedangkan evaluasi efektifitas adalah pengawasam keseluruhan rangkaian proses manajemen pelatihan dikaitkan dengan manfaat bagi peserta pelatihan.
"Dari berbagai sumber"