Tuesday, April 28, 2009

PELATIHAN

Pelatihan adalah serangkaian proses manajemen (pdca; plan, do, check, dan action) dengan urutan sbb : A (Analisa); D (Desain); I (Implementasi); E (Evalausi); dan A (Administrasi). Analisa adalah proses kegiatan untuk menentukan kebutuhan pelatihan bagi suatu obyek komunitas tertentu (calon peserta pelatihan), secara umu proses ini disebut Analisa Kebutuhan Pelatihan (TNA,Training Need Analysis). Ada beberapa metoda yang digunakan untuk melakukan TNA; a.l. : TNA berbasis Kompetensi; TNA berbasis Task; TNA berbasis Kenerja; dll.

Desain adalah proses penetapan program pelatihan yang disesuaikan dengan hasil proses analisa; antara lain adalah menetapkan : tujuan umum, tujuan khusus, silabus & kurikulum, materi pelatihan, metoda instruksional, instruktur. Implementasi adalah proses penyelenggaraan pelatihan sesuai dengan hasil desain program. Evaluasi adalah proses pengawasan kesesuainan antara desain program dengan penyelenggaraan, sedangkan evaluasi efektifitas adalah pengawasam keseluruhan rangkaian proses manajemen pelatihan dikaitkan dengan manfaat bagi peserta pelatihan.

Evaluasi pasca pelatihan adalah evaluasi terhadap peserta pelatihan yang dilakukan setelah kurun waktu tertentu, apakah pelatihan masih berdampak pada individu atau organisasi. Administrasi adalah proses dokumentasi (pencatatan, arsip, dan ketelusuran data) dari seluruh rangkaian proses pelatihan. Data arsip individu atau organisasi tentang suatu pelatihan secara umum disebut Training History; dan suatu saat data ini akan dibutuhkan untuk melihat profil suatu organisasi atau individu dibidang pelatihan.


"Dari berbagai sumber"